Pages

Banner 468 x 60px

 

Jumat, 30 Maret 2012

Proposal Pembentukan Remaja Masjid

0 komentar

     `

Adolencent of Al Furqon Mosque (AFM)

Kata pengantar

Alhamdulillahirabbil’alamin, proposal pengajuan pembentukan Remaja Islam Masjid ini dapat diselesaikan. Pengajuan pembentukan Adolencent of Al Furqon (AFM) ini sebagai respon atas banyaknya minat sebagian masyarakat khususnya remaja yang menginginkan adanya perkumpulan remaja di jalan bung. Oleh karena itu, perlunya sebuah wadah yang berbasis keorganisasian (organisation center) remaja Islam masjid disekitar wilayah Jalan bung sekaligus untuk merealisasikan keinginan bersatunya para remaja dalam sebuah wadah yang mendidik dan mempererat ikatan ukhuwah antar remaja muslim.

Diharapkan dengan adanya AFM ini terpupuklah rasa solidaritas yang positif dan kesadaran remaja sebagai generasi muslim yang berkepribadian Islam. Sebagai tauladan untuk generasi selanjutnya dan penerus para orangtuanya juga sebagai cermin kepribadian suatu Wilayah. Oleh karena itu, hal ini bukan lagi menjadi sebuah keinginan namun lebih dari itu sebagai kebutuhan jika tidak mau tertinggal. Kebutuhan tersebut dapat terwujud dengan baik ketika ada sebuah organisasi yang berbasis Remaja Islam Masjid. Pembentukan AFM ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan berkembang mengingat banyaknya Sumber Daya Masyarakat (SDM) di Jalan bung.
Pembentukan AFM akan sulit direalisasikan tanpa adanya dukungan dari semua pihak khususnya aparatur setempat baik RW maupun RT dan para tokoh alim ,ulama, kiyai, dan ustadz serta tokoh masyarakat sesepuh termasuk kepemudaan di Jalan bung. Untuk itu kami mengajak kepada semua pihak agar turut berpartisipasi mendukung Pembentukan AFM tersebut. Harapan kami Proposal ini agar dikaji secara cermat oleh semua pihak yang terkait untuk bisa dibuat penilaian yang tepat. Selanjutnya tentu saja, harapan kita semua, proposal Pengajuan pembentukan AFM tersebut dapat terealisasi. Insya Allah.

Makassar, 16 Maret 2012


Penyusun

I. Pendahuluan

A.     Latar belakang

Kalau kita berbicara tentang remaja, mungkin akan terbayang dalam benak kita tentang anak-anak manusia yang berada dalam masa-masa menyenangkan, ceria, penuh canda, semangat, gejolak keingintahuan, pencarian identitas diri dan emosi. Remaja adalah anak manusia yang sedang tumbuh selepas masa anak-anak menjelang dewasa. Dalam masa ini tubuhnya berkembang sedemikian pesat dan terjadi perubahan-perubahan dalam wujud fisik dan psikis. Badannya tumbuh berkembang menunjukkan tanda-tanda orang dewasa, perilaku sosialnya berubah semakin menyadari keberadaan dirinya, ingin diakui, dan berkembang pemikiran maupun wawasannya secara lebih luas. Mungkin kalau kita perkirakan umur remaja berkisar antara 13 tahun sampai dengan 25 tahun. Pembatasan umur ini tidak mutlak, dan masih bisa diperdebatkan.
Masa remaja adalah saat-saat pembentukan pribadi, dimana lingkungan sangat berperan. Kalau kita perhatikan ada empat faktor lingkungan yang mempengaruhi remaja, yaitu lingkungan keluarga, sekolah, teman pergaulan dan dunia luar. Lingkungan yang dibutuhkan oleh remaja adalah lingkungan yang islami, yang mendukung perkembangan imaji mereka secara positif dan menuntun mereka pada kepribadian yang benar. Lingkungan yang islami akan memberi kemudahan dalam pembinaan remaja.
Untuk membina remaja bisa dilakukan dengan berbagai cara dan sarana, salah satunya melalui Remaja Masjid. Yaitu suatu organisasi atau wadah perkumpulan remaja muslim yang menggunakan Masjid sebagai pusat aktivitas. Remaja Masjid merupakan salah satu alternatif pembinaan remaja yang terbaik. Melalui organisasi ini, mereka memperoleh lingkungan yang islami serta dapat mengembangkan kreatitivitas.
Remaja Masjid membina para anggotanya agar beriman, berilmu dan beramal shalih dalam rangka mengabdi kepada Allah subhanahu wa ta’ala untuk mencapai keridlaan-Nya. Pembinaan dilakukan dengan menyusun aneka program yang selanjunya ditindaklanjuti dengan berbagai aktivitas. Remaja Masjid yang telah mapan biasanya mampu bekerja secara terstruktur dan terencana. Mereka menyusun Program Kerja periodik dan melakukan berbagai aktivitas yang berorientasi pada: keislaman, kemasjidan, keremajaan, keterampilan dan Keilmuan.
Oleh karena itu,  melihat kondisi remaja saat sekarang khususnya di daerah jalan bung yang memrihatinkan. Maka, muncul inisiatif dari beberapa remaja yang menginginkan wadah untuk mendakwahkan islam dan menyalurkan bakat potensi.

B.      Maksud dan Tujuan

a.      Maksud

Organisasi Remaja Masjid bertujuan untuk menghidupkan kegiatan-kegiatan keislaman dan penyaluran bakat dan potensi di masjid Al Fuqron Jalan bung.

b.      Tujuan

Mengajak masyarakat khususnya remaja-remaji secara bersama-sama aktif dalam organisasi Remaja masjid ini untuk meramaikan masjid dengan kegiatan-kegiatan syar’I seperti kajian rutin, seminar, dan kegiatan positif lainnya yang seluruh kegiatannya akan diadakan di Masjid Al Furqon Jalan Bung. Di samping itu organisasi Remaja Masjid juga akan mencoba mengarahkan dengan arahan yang benar menurut syara melalui pembinaan yang kontinyu (rutin) bagi para anggotanya.




II. Gambaran Umum

a.      Nama Organisasi.
“Adolescent of Al Furqon Mosque”
b.      Apa itu organisasi AFM.
Adolescent of Al Furqon Mosque (AFM) adalah sebuah organisasi yang aktif di bidang sosial dan ilmu pengetahuan khususnya keagamaan aqidah Islam sebagai dasar pemikirannya sekaligus simpul ikatannya masjid sebagai sarana kegiatan untuk mengembangkan potensi remaja Jalan bung.
c.       Fungsi organisasi AFM.
AFM merupahkan wadah pembinaan remaja muslim dan penyaluran bakat di bidang ilmu pengetahuan dan sains. AFM juga aktif di luar masjid yaitu dilingkungan masyarakat sekitar sebagai peranannya dalam membangun ukhuwah Islamiyyah. Peduli terhadap sesama (lingkungan) saudaranya adalah bagian dari fungsinya sebagai individu-individu muslim yang cerdas dan bertakwa. Insya Allah















III. Aspek Kegiatan
v  Bentuk kegiatan
Bentuk kegiatan
AFM dapat disimpulkan sebagai berikut
§  Bentuk kegiatan yang sifatnya internal
-          Pembinaan Remaja muslim cerdas, kreatif, dan bertaqwa.
-          Pembinaan intensif (rutin) bagi para anggota AFM dibidang keorganisasian.
-          Tarbiyah Pengurus.
-          Penyaluran Bakat.

§  Bentuk kegiatan yang sifatnya Eksternal
-          Bakti Sosial
-          Syi’ar Islam
-          Seminar Remaja Muslim.
-          Dan, kegiatan positif lainnya.

v  Keanggotaan
AFM menerima keanggotaan bagi kalangan pelajar SD sampai Perguruan Tinggi.















IV. Struktur Organisasi
Manusia merupahkan makhluk social yang tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia, saling melengkapi dan menutupi kekurangan untuk terbentuknya kehidupan bermasyarakat yang madani. Untuk mencapai suatu tujuan, kerjasama yang kompak akan memudahkan untuk merealisasikan hal tersebut. Demikianlah organisasi Adolencent of Al Furqon (AFM), mengeksiskan dan menyiarkan islam membutuhkan beberapa pemuda untuk menggerakkan. Maka dibentuklah struktur kepengurusan sebagai berikut :

1.      Pelindung 
2.      Pengurus Inti        
a.      Ketua Umum  
b.      Ketua I                        
c.       Sekretaris                   
d.      Bendahara                 
3.      Departement-Departemen
a.      Departemen Dakwah dan Syiar Islam.
b.      Departemen Ilmu Pengetahuan, Sains dan Teknologi.
c.       Departemen Komunikasi dan Sosial.
d.      Departemen Seni dan Olah Raga.
e.      Departemen Kewirausahaan.











V. Penutup

A.     Kesimpulan
Sungguh Allah SWT telah memberikan jalan yang terbaik bagi hamba-Nya dalam menjalani kehidupan ini menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Dan kita sebagai hamba yang bertakwa harus senantiasa terikat dengan apa yang telah Allah SWT wahyukan. Untuk itu mudah-mudahan rencana pembentukan AFM yang akan berjalan dalam bentuk organisasi keIslaman dapat berjalan sesuai dengan Islam dan dapat memberikan manfaat khususnya bagi masyarakat Jalan Bung umunya bagi kejayaan Islam dan kaum muslimin.

B.      Harapan
Semoga Allah SWT meridhoi rencana ini, membukakan jalan yang baik dan melindungi segala aktivitas kita dari godaan syetan yang terkutuk. Amin






0 komentar:

Poskan Komentar